PENGARUH PENGGUNAAN BUKU ELEKTRONIK (E-BOOK) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 14 MAKASSAR

MARNI SYAHFITRIANI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU ELEKTRONIK (E-BOOK) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 14 MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI SAMPUL DALAM.docx

Download (36kB)
[img] Text
A. BAGIAN DEPAN ABSTRK DLL.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (55kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
t tabel revisi terbaru.docx

Download (26kB)
[img] Text
FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN baru.docx

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (46kB)

Abstract

MARNI SYAHFITRIANI. 2016. Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik (E-Book) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 14 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Farida Febriati, SS, M.Si dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih dominan menggunakan metode konvensional. Hal ini terlihat guru terlalu sering menggunakan metode ceramah dan dalam memaparkan materi hanya menggunakan satu buku cetak saja, sehingga muncullah verbalisasi karena kurangnya referensi sumber belajar dan variasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lain. Hal ini membuat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran yaitu penggunaan Buku Elektronik. Berangkat dari hal tersebut maka Rumusan masalah yang diangkat yaitu apakah ada pengaruh penggunaan buku elektronik (E-Book) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI IPA di SMA Negeri 14 Makassar. Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan buku elektronik (E-Book) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI IPA di SMA Negeri 14 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian Pre-eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah desain one group pretest posttest design yang membandingkan hasil pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 orang, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pada Pertemuan I belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal secara klasikal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : guru kurang memberikan bimbingan kepada siswa dan siswa yang belum sepenuhnya aktif dalam bertanya. Kemudian dilanjutkan pada Pertemuan II dan III telah berhasil karena telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal secara klasikal. Dengan demikian penerapan media Buku Elektronik (E-Book) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 14 Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:34
Last Modified: 18 Jul 2022 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23879

Actions (login required)

View Item View Item