PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR

NURLINDAH (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (36kB)
[img] Text
Awalan.docx

Download (105kB)
[img] Text
BAB I pendahuluan.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II Kajian pustaka.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB-III-METODE-PENELITIAN.doc

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV hasil penelitian.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB V kesimpulan dan saran.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 12 statistik inferensial.docx

Download (56kB)
[img] Text
Lampiran 14 dokumentasi(1).docx

Download (682kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Nurlindah “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar”, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu M.Pd dan Dr. H. Abdul Haling M.Pd Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendanya semangat bersaing antar siswa, siswa kurang aktif, selain itu banyak siswa menganggap bahwa pelajaran matematika membosankan. Sehingga mempengaruhi hasil belajar. Rumusan Masalahnya adalah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explainig terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Pendekatan penelitian ialah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 270 orang. Kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas VII-2 dan kelas VII-3 yang dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik undian. Masing-masing kelas terdiri dari 30 orang siswa. Variable dalam penelitian adalah variable bebas yaitu penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan variable terikat adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VII SMP Negeri 26 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:03
Last Modified: 18 Jul 2022 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item