PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE JING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGIINFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS XI SMA NEGERI 1 BUNGORO

YEVIANTO TANGDI ALLA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE JING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGIINFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS XI SMA NEGERI 1 BUNGORO.

[img] Other
Yevianto Tangdi Alla.rar

Download (38MB)

Abstract

YEVIANTO TANGDI ALLA, 2016, Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembelajaran dengan Menggunakan Software JING pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI SMA Negeri 1 Bungoro. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sulitnya siswa memahami materi pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi. Rumusan masalah adalah (1) Bagaimanakah mengembangkan media video tutorial dengan software Jing ? dan (2) Bagaimanakah mengefektifkan dan mengvalidkan media tutorial pembelajaran yang menggunakan software Jing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial pembelajaran dan untuk melihat tingkat efektifitas dan validitasnya suatu media tutorial pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa media video tutorial pembelajaran. Model rancangan yang digunakan dari model pengembangan Thiagarajan (Aris Armianto 2016: 46) yang terdiri dari empat tahap yang dikenal dengan 4D dan diadaptasi menjadi 3D. Dengan subjek Penelitian berjumlah 29 Siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 24 perempuan, 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 1 orang guru mata pelajaran TIK. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan Teknik tes pengetahuan awal dan Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli media dan desain serta ahli isi/materi tersebut serta hasil dari uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta hasil dari tanggapan guru mata pelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa media video tutorial pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 00:57
Last Modified: 18 Jul 2022 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item