PENGARUH PENERAPAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR

RITH ANUGRAH (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (57kB)
[img] Text
2.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
3.MOTO DAN PERUNTUKAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
4.ABSTRAK rith.docx

Download (17kB)
[img] Text
5.PRAKATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
bab 1.doc

Download (82kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (44kB)
[img] Text
L SURAT 7 SUDAH MENELITI.docx

Download (548kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (58kB)

Abstract

Rith Anugrah. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Burau Kabupaten Luwu Timur, Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Abdul Hakim,S.Pd., M.Si dan Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode Gallery Walk dalam pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Burau Kabupaten Luwu Timur (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Burau Kabupaten Luwu Timur setelah pelaksanaan metode Galley Walk (3) Apakah ada pengaruh penerapan metode Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 2 Burau Kabupaten Luwu Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode Gallery Walk dalam pembelajaran IPS terpadu pada siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Burau Kabupaten Luwu Timur (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Burau Kabupaten Luwu Timur setelah diterapkan metode Gallery Walk.(3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Gallery Walk terhadap hasil belajar pelajaran IPS Terpadu pada siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Burau Kabupaten Luwu Timur. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Burau Kabupaten Luwu Timur tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 149 siswa, terdiri atas 77 siswa berjenis kelamin perempuan dan 72 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-D dan VIII-E yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil belajar pada kelas VIII-D dan VIII-E, kedua kelas ini memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random sampling atau acak,yaitu dilakukan dengan undian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dilihat dari hasil belajar siswa. Dengan demikian hipotesis H1 diterima = Ada pengaruh setelah penerapan metode gallery walk terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Negeri2 Burau Kabupaten Luwu Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:04
Last Modified: 15 Jul 2022 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23849

Actions (login required)

View Item View Item