Dian Ismidiati Idil (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SOFTWARE CAMTASIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 12 MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.docx Download (34kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
3. MOTO DAN PERUNTUKAN.docx Download (14kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
5. PRAKATA.docx Download (19kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (70kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
|
Text
L 13 FOTO DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (35kB) |
Abstract
Dian Ismidiati Idil. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Software Camtasia Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 12 Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si dan Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penggunaan video tutorial software camtasia dalam pembelajaran TIK pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Makassar? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar Mata Pelajaran TIK pada siswa kelas XII setelah penggunaan video tutorial Software Camtasia? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan video tutorial software camtasia terhadap hasil belajar mata pelajaran TIK pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Makassar?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 12 Makassar tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 253 siswa, terdiri atas 158 siswa berjenis kelamin perempuan dan 95 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XII IPA 1 dan XII IPA 5 yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil belajar pada kelas XII IPA 1 dan XII IPA 5, kedua kelas ini memperoleh hasil belajar rata-rata hampir sama, jumlah siswa, dan umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random sampling atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan video tutorial software camtasia terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:48 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23846 |
Actions (login required)
View Item |