PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DENGANMENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA PADA MATAPELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DISMK NEGERI 1 PAREPARE

MAENUDDIN BUSTANIL S (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DENGANMENGGUNAKAN SOFTWARE CAMTASIA PADA MATAPELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DISMK NEGERI 1 PAREPARE.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (406kB)
[img] Text
ISI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Maenuddin Bustanil S. 2016. Pengembangan Media Video Tutorial dengan Menggunakan Software Camtasia Pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio Kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Parepare. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si, dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media video tutorial pembelajaran pada mata pelajaran teknik pengolahan audio di kelas XII kompetensi keahlian multimedia SMK Negeri 1 Parepare yang valid dan efektif ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video tutorial pembelajaran dalam membantu pembelajaran pada mata pelajaran teknik pengolahan audio kelas XII kompetensi keahlian multimedia di SMK Negeri 1 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) media pembelajaran, khususnya media video tutorial pembelajaran pada mata pelajaran teknik pengolahan audio yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan yaitu diadaptasi dari model pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip yaitu melalui tahap perencanaan, desain dan pengembangan. Subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas XII Multimedia 2 yang berjumlah delapan belas orang. Sedangkan objek penelitian yang diteliti adalah pengembangan media video tutorial pembelajaran. Kelebihan media video tutorial yaitu dapat memecahkan salah satu masalah dalam proses pembelajaran, secara khusus pada sumber belajar sehingga siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar karena tidak sepenuhnya lagi memerlukan bimbingan atau arahan dari guru mata pelajarannya, mereka dapat belajar secara mandiri. Hasil yang dicapai dalam pengembangan media video tutorial menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media pembelajaran dan ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa media video tutorial pembelajaran menggunakan software camtasia studio yang dihasilkan valid. Hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta tanggapan guru mata pelajaran menunjukkan bahwa media video tutorial pembelajaran menggunakan software camtasia studio yang dihasilkan efektif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:42
Last Modified: 15 Jul 2022 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item View Item