PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA TUT WURI HANDAYANI

TALITA RAHMITA RAHMAN (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA TUT WURI HANDAYANI.

[img] Text
Sampul.doc

Download (46kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing skripsi TUTUP.docx

Download (119kB)
[img] Text
hal depan, motto, prakata, abstrak.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
lampiran 11 (dokumentasi).docx

Download (1MB)
[img] Text
riwayat hidup talita.docx

Download (45kB)

Abstract

Talita Rahmita Rahman, 2016, Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMA Tut Wuri Handayani. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Tut Wuri Handayani?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa indonesia kelas X di SMA Tut Wuri Handayani. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas X di SMA Tut Wuri Handayani yang berjumlah 205 orang siswa dengan sampel 25 orang siswa kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan 25 orang siswa kelas X.5 sebagai kelas kontrol, jadi dengan demikian sampel penelitian yang akan dilaksanakan adalah sebanyak 50 orang, Untuk menetapkan kelas yang menjadi kelas kelompok eksperimen dan kelas kelompok kontrol dilakukan dengan cara undian karena jumlah sampel masing kelas sama dan untuk rata-rata nilai mata pelajaran bahasa Indonesia hampir sama. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan media video pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik kelas X SMA Tut Wuri Handayani. Pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran dengan yang diajar tidak menggunakan media video pembelajaran dengan rata-rata 8,1 dan 6,48. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa indonesia kelas X di SMA Tut Wuri Handayani.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:07
Last Modified: 15 Jul 2022 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item View Item