PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI BAGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 WALENRANG KABUPATEN LUWU

Abdul Rahmat (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI BAGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 WALENRANG KABUPATEN LUWU.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (37kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II..docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
9. ANALISIS DATA PENELITIAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
12. FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN PENELITIAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (47kB)

Abstract

Abdul Rahmat. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Bagi Kelas VIII Di Smp Negeri 5 Walenrang Kabupaten Luwu. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si, dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 2015. Berdasarkan fakta yang terdapat dilapangan dan teori yang mendukung, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Bagi Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Walenrang Kabupaten Luwu”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi bagi kelas VIII di SMP Negeri 5 Walenrang Kabupaten Luwu. (2) Mengetahui adakah pengaruh yang siginifikan setelah diterapkan model pembelajaran outdoor learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi bagi kelas VIII di SMP Negeri 5 Walenrang Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Experiment atau Pre-experiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Pada penelitian ini ada dua variabel yang diamati yaitu variabel bebas (independent) adalah penerapan model pembelajaran outdoor learning dan variabel terikat (dependent) yaitu hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Walenrang Kabupaten Luwu pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang terdiri atas 21 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada sampel sebelum dan sesudah materi diajarkan yaitu berupa tes objektif. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran outdoor learning menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa penerapan model pembelajaran outdoor learning.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:36
Last Modified: 15 Jul 2022 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23834

Actions (login required)

View Item View Item