PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS PROGRAM ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS IX A SMP NEGERI 19 MAKASSAR

Sukarno Hatta. RA (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS PROGRAM ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS IX A SMP NEGERI 19 MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (38kB)
[img] Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
3 MOTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
5 PRAKATA.docx

Download (23kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I .docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB II .docx

Download (480kB)
[img] Text
BAB IIII .docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (149kB)
[img] Text
BAB V .docx

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
L14 DOKUMENTASI.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (137kB)

Abstract

Sukarno Hatta. RA. 2015. Pengembangan Multimedia Berbasis Program Adobe Flash Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas IX A SMP Negeri 19 Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Farida Feriati, S.S, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran sebelumnya belum optimal dalam menyampaikan materi pembelajaran karena tidak sesuai dengan Karakteristik Peserta didik serta perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengembangkan multimedia program Adobe Flash pada mata pelajaran IPA Biologi Kelas IX A SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Kemp (1985) dan model pengembangan Dick & Carey (1990). Dengan subjek Penelitian berjumlah 23 Siswa yang terdiri dari 3 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan Teknik Wawancara, Angket, dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa Hasil evaluasi ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi media berada pada kualifikasi baik. Hasil evaluasi ahli media dan desain pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan berada pada kualifikasi baik. Hasil uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk mengembangkan multimedia berbasis program Adobe Flash dalam membantu pembelajaran pada mata pelajaran IPA Biologi Kelas IX A SMP Negeri 19 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:00
Last Modified: 15 Jul 2022 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23830

Actions (login required)

View Item View Item