Perbedaan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Yang Aktif dan Tidak Aktif Dalam Pengurus OSIS di SMAN 11 Makassar

Fitrani, Andi Vivi Aulia (2016) Perbedaan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Yang Aktif dan Tidak Aktif Dalam Pengurus OSIS di SMAN 11 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi Vivi Aulia Fitrani 2016.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Andi Vivi Aulia Fitrani. 2016. Perbedaan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Yang Aktif dan Tidak Aktif Dalam Pengurus OSIS di SMAN 11 Makassar. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Kecerdaan emosional merupakan kemampuan emosional yang meliputi pengendalian diri, mampu mengatur suasana hati, serta mampu mengelola kecemasan agar tidak mengganggu kemampuan berfikkir, berempati dan berharap. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kecerdasan emosional pada siswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi. Subjek penelitian ini sebanyak 80 siswa, diantaranya 40 siswa aktif organisasi dan 40 yang tidak aktif organisasi OSIS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji non parametrik Mann whitney diperoleh bahwa nila sig. 0.0185<0.05. Penelitian ini menggambarkan bahwa kecerdasan emosional sangat penting untuk menumbuhkan keterampialan, pengendalian diri serta memahami perasaan orang lain. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Osis, Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2017 05:48
Last Modified: 06 Apr 2017 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item View Item