KORELASI SKOR INTELIGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM AKSELERASI SMP DI KOTA MAKASSAR

Giffari B., Abutzar (2016) KORELASI SKOR INTELIGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM AKSELERASI SMP DI KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Abutzar Giffari B. 2016.docx

Download (16kB)

Abstract

KORELASI SKOR INTELIGENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM AKSELERASI SMP DI KOTA MAKASSAR Abutzar Giffari B. (abutzar@gmail.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Asmulyani Asri (nining_cadi@yahoo.com) Fakultas Psikologi Universtas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani, Makassar, 90222. ABSTRAK Prestasi belajar akademik merupakan indikator keberhasilan siswa ditunjukkan dalam bentuk simbol atau angka. Di sisi lain, banyak anak berbakat yang mengalami underachiever. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar adalah inteligensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara skor inteligensi dengan prestasi belajar siswa program akselerasi sekolah menengah pertama. Sampel penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama yang mengikuti program akselerasi di sekolah MTsN Model Makassar, SMPN 03 Makassar, dan SMPN 06 Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara skor inteligensi siswa dengan prestasi belajar nilai total ujian nasional dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,321 (p = 0,001). Korelasi parsial tiap mata pelajaran ujian nasional matematika, sains, bahasa indonesia, dan bahasa inggris, koefisien korelasi masing-masing sebesar r = 0,348 (p = 0,000), r = 0,374 (p = 0,000), r = -0,152 (p = 0,112), r = -0,058 (p = 0,548). Inteligensi dapat digunakan sebagai faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar nilai ujian nasional khususnya pada mata pelajaran matematika dan sains untuk siswa sekolah menengah pertama program akselerasi di Kota Makassar. Kata Kunci : Inteligensi, prestasi belajar, ujian nasional CORRELATION BETWEEN INTELLIGENCE SCORE (IQ) WITH ACADEMIC ACHIEVEMENT OF ACCELERATION PROGRAM STUDENT AT JUNIOR HIGH SCHOOL IN MAKASSAR TOWN. Abutzar Giffari B. (abutzar@gmail.com) Widyastuti (widya_prasthya@yahoo.com) Asmulyani Asri (nining_cadi@yahoo.com) Fakultas Psikologi Universtas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani, Makassar, 90222. ABSTRACT Academic achievement is student indicator of achievement that describe in symbolic or numerical. One factor that relate with academic achievement is intelligence. The purpose of this reasearch is to know the correlation between intelligence score with academic achievement of acceleration program student in sekolah menengah pertama (SMP) or equal. Sample that used in this reseach is student that had been study on MTsN Model Makassr, SMPN 03 Makassar, and SMPN 06 Makassar. The result is show that there is correlation between student intelligence score (IQ) with total score academic achievement of ujian nasional with correlation coeficient r = 0,321 (p = 0,001). correlation coeficient each lesson of ujian nasional like mathematic, science, indonesian language, and english language partially is r = 0,348 (p = 0,000), r = 0,374 (p = 0,000), r = -0,152 (p = 0,112), r = -0,058 (p = 0,548). Intelligence can be use as influence factor as academic achievement toward ujian nasional score specially for mathematic and science of junior high school acceleration program student in Makassar Town. Keyword: intelligence, academic achievement, ujian nasional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2017 05:46
Last Modified: 06 Apr 2017 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2382

Actions (login required)

View Item View Item