PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI TEKNIK MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG SKRIPSI

SRI HELMI AZIS (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI TEKNIK MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG SKRIPSI.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (32kB)
[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.docx

Download (37kB)
[img] Text
3. PENGESEHAN.docx

Download (47kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
5. MOTO.docx

Download (12kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
8. DAFTRA ISI.doc

Download (52kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.docx

Download (19kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.docx

Download (19kB)
[img] Text
12. BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
13. BAB II.docx

Download (400kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

SRI HELMI AZIS. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan melalui TeknikMind Mapping pada Kelas VII SMP Negeri 6 Anggeraja Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.H. Abdul.Karim H. Ahmad, M.Pd.selaku pembimbing I dan Dra.Hj. Sumartini, M.Pd. selaku pembimbing II. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalahbagaimanakahpeningkatan proses keterampilan menulis karangan melaluiteknikMind Mapping pada Siswa kelas VII SMP Negeri 6 Anggeraja Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan menulis karangan pada pembelajaran bahasa indonesia melalui teknik mind mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Anggeraja Kabupaten Enrekag. Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdir dari dua siklus.dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Anggeraja Kabupaten Enrekang, sebanyak 14 orang siswa yang terdiri dari sembilan laki-laki dan lima perempuan pada tahun ajaran 2015/2016 semester genap.Untuk mengetahui keterampilan menulis karangan siswa digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan teknik mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan, dari aktivitas belajar siswa, dimana pada pelaksanaan tes siklus I berada pada kategori sedang (S) dan belum memenuhi standar nilai KKM.Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang lambat dalam menerima pelajaran, sedangkan pada pelaksanaan siklus II sudah memenuhi standar KKM yang ditetapkan dan berada pada kategori tinggi (B). Sehingga, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian tindakan pembelajaran melalui teknik mind mapping menulis karangan dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 6 Anggeraja Kabupaten Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:16
Last Modified: 14 Jul 2022 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23814

Actions (login required)

View Item View Item