HARFIANI PUTRI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ENREKANG KABUPATEN ENREKANG.
Text
1. Sampul.docx Download (31kB) |
|
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (13kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (14kB) |
|
Text
4. MOTTO.docx Download (15kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
6. PRAKATA.docx Download (18kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
8. BAB 1.docx Download (21kB) |
|
Text
9. BAB II.docx Download (48kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
14. KISI-KISI INSTRUMENT (Revisi).docx Download (13kB) |
|
Text
15. Panduan WAWANCARA.docx Download (16kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (3MB) |
Abstract
Harfiani Putri, 2015, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si dan Dr. Abdul Hakim, S. Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian skripsi ini adalah Kurangnya Pengetahuan dan kreatifitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Metode Pengajaran yang monoton membuat siswa merasa bosan dan jenuh mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Dari asumsi tersebut penulis beranggapan bahwa diperlukan perbaikan pada proses pembelajaran melalui penelitian model pembelajaran kooperatif tipe Time Token. adapun rumusan masalah dalam penelitian yaitu Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang. dan Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Fokus penelitian ini adalah Hasil tes yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token. sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Enrekang, sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripif dan analisis statistik inferensial yang dilakukan dengan uji hipotesis. Kesimpulan hasil penelitian yaitu ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 07:11 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 07:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23813 |
Actions (login required)
View Item |