DESKRIPSI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA SMKNEGERI 1 TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR

Dariyono (2022) DESKRIPSI PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA SMKNEGERI 1 TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
Skripsi Dariyono All.docx

Download (2MB)

Abstract

Dariyono, 2013. Deskripsi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan jaringan Pada SMK Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd. dan Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji kegiatan pelaksanaan praktik kerja industri sekolah menengah kejuruan baik secara teori maupun praktik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana: (1) proses Perencanaan program praktik kerja industri pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Tomoni, (2) Pelaksanaan Program Praktik kerja industri pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Tomoni, (3) Evaluasi Praktik kerja industri pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Tomoni. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui: (1) perencanaan program praktik kerja industri pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Tomoni, (2) pelaksananaan Praktik kerja industri Pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Tomoni, (3) evaluasi Praktik kerja industri Pada kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 1 Tomoni.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa peserta praktik kerja industri sejumlah 17 orang yang ditempatkan pada instansi pemerintahan dan toko kompuer dan dua orang guru pembimbing serta dua orang instruktur Prakerin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan prakerin di kelola oleh sebuah kepanitian yang dibentuk setiap tahun, kepanitian ini bertugas untuk merencanakan dan mempersiapkan kelengkapan administrasi prakerin, (2) pada tahap pelaksanaan banyak di temukan penyimpangan yang terjadi diantaranya penempatan siswa yang tidak sesuai dengan kompetensi keahlian, monitoring yang tidak berjalan sesuai jadwal serta kompetensi yang tercantum dalam silabus tidak terlaksana , (3) pada tahap evaluasi pihak sekolah hanya memberikan form penilaian kepada institusi pasangan dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak institusi pasangan untuk melaksanakan uji kompetensi dan pada kenyataannya uji kompetensi tidak dilaksankan di institusi pasangan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:53
Last Modified: 14 Jul 2022 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23809

Actions (login required)

View Item View Item