PENGARUH PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI KELAS Xc SMA NEGERI 1 BARAKA KABUPATEN ENREKANG

Wahyuddin (2022) PENGARUH PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI KELAS Xc SMA NEGERI 1 BARAKA KABUPATEN ENREKANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuddin: 2015 Pengaruh Penerapan Quantum Teaching Terhadap Hasil Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Sosiologi Kelas X.c SMA Negeri I Baraka Kabupaten Enrekang. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd dan Dar. Hj. Sumartini, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah guru terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan guru kurang memahami prinsip-prinsip mengajar yang menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran pendidikan sosiologi. Oleh karena itu, peneliti akan melakukan penelitian dengan menerapkan Quantum Teaching dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh penerapan Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan sosiologi kelas X.c SMA Negeri I Baraka Kabupaten Enrekang.? Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui apakah ada pengaruh penerapan Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan sosiologi kelas X.c SMA Negeri I Baraka Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dimaksudkan untuk mengetahui suatu kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung yaitu pengaruh penerapan Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan sosiologi di SMA Negeri I Baraka Kabupaten Enrekang. Jenis Penelitian ini adalah Pre-Eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas kelas X.c SMA 1 Baraka Kabupaten Enrekang yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran pendidikan sosiologi kelas X.c SMA Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Hal ini terlihat dari hasil postest siswa lebih baik dari hasil pretest siswa yang dapat dilihat dari hasil analisis data t-test yang menunjukkan bahwa hasil t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan yang telah ditentukan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:25
Last Modified: 14 Jul 2022 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23805

Actions (login required)

View Item View Item