PENGARUH TEKNIK SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 5 PINRANG

RUSBIANTO RANI (2022) PENGARUH TEKNIK SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 5 PINRANG.

[img] Text
0.halaman sampul.docx

Download (152kB)
[img] Text
1.halaman judul.docx

Download (155kB)
[img] Text
2. Persetujuan Pembimbing Hasil.docx

Download (24kB)
[img] Text
3 Motto dan Persembahan.docx

Download (14kB)
[img] Text
5.abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (140kB)
[img] Text
dapus.doc

Download (34kB)
[img] Text
Lampiran 1 jadwal.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 2 skenario tabel.doc

Download (71kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP fix.docx

Download (138kB)

Abstract

RUSBIANTO RANI, 2015. Pengaruh Teknik Solution Focused Brief Counseling Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 5 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, M. Pd dan Dr. Abdullah Sinring, M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh teknik solution focused brief counseling untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang. Permasalahan yang dikaji yaitu (1). Bagaimana teknik solution focused brief dalam mereduksi tingkat prokrtastinasi akademik siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan di SMA Negeri 5 Pinrang ? (2). Apakah teknik solution focused brief counseling dapat berpengaruh dalam mereduksi perilaku prokrtastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang ? Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui teknik solution focused brief counseling dalam mereduksi tingkat prokrtastinasi akademik siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik solution focused brief counseling. (2). Untuk mengetahui apakah teknik solution focused brief counseling dapat berpengaruh dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan model penelitian Pre-Experiment design dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Subjek penelitian ini dengan populasi 30 siswa dan ditarik sampel berdasarkan teknik proporsional random sampling yaitu sebanyak 12 siswa yang merupakan siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 SMA Negeri 5 Pinrang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Sebelum diberikan teknik solution focused brief counseling tingkat prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 berada pada kategori tinggi dan setelah diberi perlakuan tingkat indisiplin belajar siswa berada pada kategori rendah. (2). Ada pengaruh positif dari teknik solution focused brief counseling dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 5 Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:03
Last Modified: 14 Jul 2022 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23803

Actions (login required)

View Item View Item