PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI JURUSAN IPS DI SMA NEGERI 1 TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG

RISKA MULIADI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI JURUSAN IPS DI SMA NEGERI 1 TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (35kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..docx

Download (17kB)
[img] Text
Sampul lampiran.docx

Download (10kB)
[img] Text
10.T-tabel.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (128kB)

Abstract

Riska Muliadi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Audio visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abdul Karim H. Ahmad, M.Pd dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual (video) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Tompobulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Experiment atau Pre-experiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media pembelajaran audio visual (video) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada sampel sebelum dan sesudah materi diajarkan yaitu berupa tes objektif. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media audio visual (video) menunjukkan hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media audio visual (video). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran audio visual (video) menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran audio visual (video).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:34
Last Modified: 13 Jul 2022 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23799

Actions (login required)

View Item View Item