PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BONELAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO

HAMSAR HASFAT (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BONELAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Other
SKRIPSI HAMSAR HASFAT (1141040054).rar

Download (12MB)

Abstract

HAMSAR HASFAT, 2015, Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Bonelab Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. dan Dr. Arnidah S.Pd, M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sulitnya siswa memahami materi pelajaran yang disebabkan karena guru kurang memanfaatkan media pembelajaran, terutama media pembelajaran berbasis komputer yang mampu merangsang minat belajar siswa serta memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian pemanfaatan media pembelajaran Bonelab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran Bonelab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi ? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran Bonelab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dimaksudkan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu pemanfaatan media pembelajaran Bonelab. Sedangkan jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA berjumlah 175 orang dan sampel berjumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 24 perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil perhitungan nilai “t” menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) yaitu “tidak ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran Bonelab pada mata pelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa” ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima yaitu “ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran Bonelab pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto terhadap hasil belajar siswa”. dengan demikian pemanfaatan media pembelajaran bonelab pada mata pelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:11
Last Modified: 13 Jul 2022 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23797

Actions (login required)

View Item View Item