PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS XI IIS2 SMA NEGERI 1 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

Nur Rahma (2022) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS XI IIS2 SMA NEGERI 1 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 12 DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 LEMBAR KERJA SISWA.docx

Download (63kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (50kB)

Abstract

Nur Rahma. 2015. Pengaruh Penggunaan E-learning Dengan Menggunakan Program Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas XI SMA Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 2015. Masalah dalam penelitian ini adalah guru kurang interaktif dan berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran. sehingga membuat siswa menjadi bosan dalam proses pembelajaran tersebut. Dalam skripsi ini penulis menyajikan penggunaan media pembelajaran berbasisi edmodo sebagai salah satu bentuk e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning dengan menggunakan program edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IIS2 SMA Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Ini dicapai apabila hasil belajar siswa setelah menggunakan e-learning melalui media pembelajaran edmodo lebih baik dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran edmodo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-experiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu penggunaan e-learning dengan menggunakan program edmodo dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan edmodo, yaitu berupa tes objektif. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian pada posttes diperoleh rata-rata lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu nilai KKM 65 dengan rata-rata nilai posttes 82,5. Dengan nilai rata-rata tersebut juga membuktikan bahwa rata-rata nilai posttes lebih baik dari nilai pretest dimana rata-rata nilai pretest adalah 60. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunakan e-learning dengan menggunakan program edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI II2 SMA Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. Saran dari penulis adalah dalam penggunakan e-learning dengan menggunakan program edmodo guru harus dapat menciptakan aktivitas belajar yang menarik, inovatif, dan efektif sehingga siswa berminat dan bertanggung jawab disetiap aktifitas pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:04
Last Modified: 13 Jul 2022 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23796

Actions (login required)

View Item View Item