Mutmainna, Sitti (2022) PENGARUH KEGIATAN MENGANYAM MENGGUNAKAN BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Universitas Negeri Makassar.
Text
001. ARTIKEL SITTI MUTMAINNA ZAKIR 1849041002.pdf Download (402kB) |
Abstract
1Sitti Mutmainna Zakir, 2Rusmayadi, 3A. Sri Wahyuni Asti Abstrak Penelitian ini berdasar pada realita bahwa kemampuan motorik halus anak masih kurang berkembang. Tujuan penelitian yaitu untuk melihat dampak kegiatan menganyam menggunakan bahan alam terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi penelitian yakni anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Parang Tambung. Penarikan sampel memanfaatkan teknik purposive sampling, yaitu kelompok B3 dengan jumlah 12 anak yang dipecah menjadi 6 anak masuk dalam grup pengujian dan 6 anak masuk dalam grup patokan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, serta dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Dari hasil pengolahan data diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) 0,027 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, maknanya ada dampak yang substansial dari kegiatan menganyam menggunakan bahan alam terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan menganyam menggunakan bahan alam memberi sumbangsih yang besar terhadap eskalasi kemampuan motorik halus anak. Kata kunci : Kegiatan menganyam, Bahan alam, Kemampuan motorik halus Abstract This research was based on the fact that children's fine motor skills are still underdeveloped. The purpose of the study was to see the impact of weaving activities using natural materials on the fine motor skills of children aged 5-6 years. The research approach used is quantitative with a Quasi Experimental Design research type. The research population was children aged 5-6 years in TK Aisyiyah Bustanul Athfal Parang Tambung. Sampling used a purposive sampling technique, namely group B3 with a total of 12 children who were divided into 6 childs in the test group and 6 childs in the benchmark group. Data collection techniques used were observation, tests, and documentation which were then analyzed using descriptive statistical analysis and non-parametric statistical analysis. From the results of data processing obtained Asymp. Sig. (2-tailed) 0.027 < 0.05 so H1 was accepted and H0 was rejected, meaning that there is a substantial impact from weaving activities using natural materials on the fine motor skills of children aged 5-6 years. So it can be concluded that weaving activities using natural materials make a big contribution to the escalation of children's fine motor skills. Keywords : Weaving activities, Natural materials, Fine motor skills
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:52 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23783 |
Actions (login required)
View Item |