PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CAMTASIA STUDIO DAN SISWA YANG DIAJAR TANPA MENGGUNAKANMEDIA CAMTASIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH KALOSI KABUPATEN ENREKANG

M. SAIFUL (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CAMTASIA STUDIO DAN SISWA YANG DIAJAR TANPA MENGGUNAKANMEDIA CAMTASIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH KALOSI KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB 1-LAMPIRAN.pdf

Download (29MB)

Abstract

M. SAIFUL. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang diajar dengan Menggunakan Media Camtasia Studio Dengan siswa yang diajar Tanpa Menggunakan Media Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Teknik Informasi Dan Komunikasi Kelas XI Di SMA Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abd. Karim H. Ahmad, M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurang efektifnya penggunan media pembelajaran oleh guru Teknik Informasi dan Komunikasi dalam menyajian materi pelajaran, sehingga peneliti melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media Software Camtasia Studio. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Camtasia Studio dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Teknik Informasi Dan Komunikasi Kelas XI Di SMA Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyaah Kalosi Kabupaten Enrekang yang berjumlah 134 orang dan sampel berjumlah 52 orang siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas kontrol pada kelas XI IPS2 dan 26 orang siswa kelas eksperimen yang diterapkan pada kelas XI IPS1. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media Camtasia Studio, dengan yang tidak menggunakan media Camtasia Studio ditunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media Camtasia Studio. Hal ini terlihat dari hasil t-test yaitu yang menunjukkan data hasil thitung ˃ t tabel pada taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media Camtasia Studio dalam mata pelajaran Teknik Informasi dan Komunikasi dengan Kelas yang tanpa menggunakan media Camtasia Studio dalam mata pelajaran Teknik Informasi dan Komunikasi yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:41
Last Modified: 07 Jul 2022 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23744

Actions (login required)

View Item View Item