PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI EMAZE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

MUH. AL MURSAL (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI EMAZE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 9 MAKASSAR.

[img] Text
skripsi (muh al mursal).pdf

Download (2MB)

Abstract

MUH AL MURSAL. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Emaze Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhindah Bakkidu, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Arnidah, S,Pd, M.Si selaku pembimbing II. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar contohnya media presentasi dalam pembelajaran Biologi. Rumusan masalah adalah Apakah ada pengaruh penggunaan media presentasi Emaze terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media presentasi Emaze terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar yang berjumlah 200 orang dan penarikan sampel menggunakan nonprobalitas sampling dengan teknik purposive sample maka di tetapkan sampel berjumlah 80 orang siswa yang dari terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA 2 sebanyak 40 orang dan Kelas XI MIA 3 sebanyak 40 orang sementara penentuan kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling teknik undian dengan hasil kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media presentasi Emaze dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Penggumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media presentasi Emaze pada mata pelajaran Biologi di XI SMA Negeri 9 Makassar, hal ini dapat dilihat dari hasil t-test yang menunjukkan data hasil t hitung ˃ t tabel pada taraf signifikan 5 % maupun taraf signifikan 1 % diperoleh nilai t hitung ˃ t tabel. Rekomendasi penelitian adalah guru hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran agar lebih menarik dan efektif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:36
Last Modified: 07 Jul 2022 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23743

Actions (login required)

View Item View Item