PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKAJENE SIDENRENG

IRDIANTI (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKAJENE SIDENRENG.

[img] Text
sampul hasil.doc

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR ISI IRDI.doc

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (51kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (85kB)

Abstract

IRDIANTI. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Perbandingan Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Sidenreng. Di bimbing oleh Dra.Hj. Nurhinda Bakkidu dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah guru terbiasa mendominasi pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif, bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran akibatnya siswa kesulitan memahami dan menganggap pelajaran matematika itu sulit dan tidak menyenangkan mengakibatkan rendahnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran matematika perbandingan trigonometri? 2) Adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams games Tournament terhadap hasil belajar matematika perbandingan trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1).Mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam mata pelajaran Matematika perbandingan trigonometri? 2) Mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika perbandingan trigonometri. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini eksperimen yang bersifat komparatif yaitu membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Sidenreng tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 474 orang dan sampel berjumlah 60 orang siswa yang terdiri dari 30 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan di kelas X9 dan 30 orang siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas X7. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika perbandingan trigonometri. Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi atau saran bahwa hendaknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:30
Last Modified: 07 Jul 2022 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23742

Actions (login required)

View Item View Item