PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENULIS EKSPOSISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIISMP NEGERI 1 MAJENE

IRMAWATI FAHMI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENULIS EKSPOSISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIISMP NEGERI 1 MAJENE.

[img] Text
sampul.docx

Download (37kB)
[img] Text
1 SAMPUL DEPAN.docx

Download (87kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (155kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (49kB)

Abstract

Irmawati Fahmi. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Keterampilan Siswa Menulis Eksposisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Farida Febriati, S.S, M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena proses pembelajaran yang sangat membosankan sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran inkuiri yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap keterampilan siswa menulis eksposisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen. Variabel yang digunakan ada yaitu veriabel X sebagai variabel bebas yaitu metode inkuiri dan variabel Y sebagai variabel terikat yaitu keterampilan siswa menulis eksposisi, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 majene yang berjumlah 239 orang dan penentuan sampel ditentukan dengan cara purposive sampling yang dipilih dengan sengaja dengan memperhatikan karakteristik dan kriteria tertentu yang ada dalam populasi tersebut, dari kesembilan kelas yang ada, terpilihlah kelas VIIc dan VIID sebagai sampel yang digunakan karena karakteristik dan kriteria yang diinginkan ada pada kelas tersebut. untuk menentukan kelas kontrol dan kelas ekperimen dilakukan dengan random sampling dengan tehnik undian dan dihasilkan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif dari pedoman observasi guru dan siswa disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII berada dikategori baik sedangkan berdasarkan analisis statistik inferensial yang dilakukan dengan uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung >t tabel yakni 4,57>1,67 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dalam Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang singnifikan pada penggunaan metode inkuiri terhadap keterampilan siswa menulis eksposisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:15
Last Modified: 07 Jul 2022 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23741

Actions (login required)

View Item View Item