PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOG DENGAN SISWA YANG DIAJAR TANPA MENGGUNAKAN MEDIA BLOG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 5 MAKASSAR

Rahmawati Sahing. (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOG DENGAN SISWA YANG DIAJAR TANPA MENGGUNAKAN MEDIA BLOG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 5 MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul depan skripsi.docx

Download (53kB)
[img] Text
2. Halaman judul 2.docx

Download (55kB)
[img] Text
3. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (47kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (13kB)
[img] Text
5. Motto dan Persembahan.docx

Download (15kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
7. Prakata.docx

Download (20kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI baru.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB 1-5.docx

Download (142kB)

Abstract

Rahmawati Sahing. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Siswa terhadap Pemanfaatan Media Blog pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP Negeri 5 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh pembimbing I Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Farida Febriati, S.S, M.Si sebagai pembimbing II. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional dan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah perbandingan hasil belajar siswa terhadap pemanfaatan media blog pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 5 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa terhadap pemanfaatan media blog pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 5 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Makassar yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 399 orang. Kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 40 siswa yang diambil dengan cara random sampling yang didasarkan pada kriteria tertentu. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu pembelajaran menggunakan media blog di kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa menggunakan media blog di kelas kontrol, dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pemanfaatan media blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 5 Makassar, artinya hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media blog lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media blog.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:51
Last Modified: 07 Jul 2022 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23739

Actions (login required)

View Item View Item