PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJARSISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR

I Ketut Wira Suardiantara. (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJARSISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (53kB)
[img] Text
ABSTRAK wira.docx

Download (122kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (21kB)
[img] Text
skripsi wira.doc

Download (336kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (1MB)

Abstract

I Ketut Wira Suardiantara. 2014. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Burau Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra.Hj. Sumartini, M.Pd dan Farida Febriati, S.S, M.Si selaku pembimbing II. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, terutama dalam menyelesaikan masalah secara mandiri sedangkan guru terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional dan hanya ada beberapa siswa yang mendominasi dalam setiap proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan setelah diterapkan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Burau? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakan ada pengaruh yang signifikan setelah diterapkan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Burau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Burau yang berjumlah 175 orang dan sampel berjumlah 60 orang siswa yang terdiri dari 30 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas X-5 dan 30 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas X-4. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X-4. hasil belajar siswa kelompok kontrol pada mata pelajaran Ekonomi, mencapai nilai rata-rata kategori rendah dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan model Problem Based Learning mencapai nilai rata-rata kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Burau.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:43
Last Modified: 07 Jul 2022 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23738

Actions (login required)

View Item View Item