PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG

RISAL FAISAL (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
sampul risal.docx

Download (38kB)
[img] Text
Awalan.docx

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi.docx

Download (1MB)

Abstract

Risal Faisal. 2014. Pengaruh Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Tompobulu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Tompobulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen deskriptif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tompobulu yang berjumlah 108 orang dan sampel berjumlah 44 orang siswa yang terdiri dari 22 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII1 dan 22 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VIII4. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana nilai hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai hasil belajar kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Tompobulu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:37
Last Modified: 07 Jul 2022 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23737

Actions (login required)

View Item View Item