L E O N A R D (2022) Penerapan Pendekatan Pragmatik Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK ADSKAR Balla Kab. Mamasa.
Text
0 Sampul.docx Download (17kB) |
|
Text
1 Halaman Depan.docx Download (55kB) |
|
Text
2 BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
3 BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
7 Daftar Pustaka.doc Download (33kB) |
|
Text
13 Daftar Nilai Ketuntasan Kompetensi Berbicara Siswa.doc Download (157kB) |
|
Text
14 Dokumentasi.doc Download (4MB) |
|
Text
19 Riwayat Hidup.doc Download (68kB) |
Abstract
Leonard. 2014. Penerapan Pendekatan Pragmatik Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK ADSKAR BALLA Kab. Mamasa. Skripsi. Dibimbing oleh Arnidah, S.Pd, M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan pendekatan Pragmatik dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, dan bagaimana hasil peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah penerapan pendekatan Pragmatik dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan Pragmatik dan hasil peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK ADSKAR BALLA Kab. Mamasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan alur PTK Kemmis dan Taggart (1988) yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X SMK ADSKAR BALLA yang berjumlah 26 orang dan satu orang guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan data awal yang dekolala dalam hasil pembelajaran Pre-Test dijadijkan patokan dan tolak ukur untuk mengambil langkah-langkah dan rencana tindakan dan selanjutnya bahwa pada siklus satu belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara klasikal yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya penciptaan kesempatan atau situasi kelas berbicara dalam mata pelajaran dengan berbagai metode yang lebih komunikatif yang kurang dan kurangnya kesadaran bagi siswa akan pentingnya terampil berbicara menggunakan Bahasa Indonesia. Kemudian dilanjutkan pada siklus Dua telah berhasil karena sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal. Dengan demikian keterampilan Berbicara siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK ADSKAR BALLA Kab. Mamasa melalui pendekatan Pragmatik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 02:28 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 02:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23736 |
Actions (login required)
View Item |