IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN DI SMK NEGERI 2 PINRANG

Aminuddin Sukardi (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN DI SMK NEGERI 2 PINRANG.

[img] Text
Halaman Judul@Jadi.docx

Download (24kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Pembimbing@Jadi.docx

Download (14kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Ujian Skripsi@Jadi.docx

Download (14kB)
[img] Text
Abstrak@Jadi.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I-V skripsi udin.doc

Download (359kB)
[img] Text
LEMBAR VALIDASI DOKUMEN IMPLEMENTASI KTSP 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR VALIDASI DOKUMEN IMPLEMENTASI KTSP 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
Riwayat Hidup@Jadi.docx

Download (84kB)

Abstract

Aminuddin Sukardi, 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Standar Proses Dan Standar Penilaian Di SMK Negeri 2 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yaitu penerapan KTSP yang dimulai sejak tahun 2006 untuk semua satuan pendidikan di Indonesia pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan masukan kepada Kemendikbud dalam rangka mengadakan evaluasi menuju penyempurnaan implementasi KTSP, di samping itu juga bermanfaat bagi lembaga pendidikan, bagi akademisi, praktisi dan peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naturalistik yang menggunakan metode analisis kualitatif/induktif. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai human instrument dan peneliti juga mempergunakan lembar validasi dokumen sebagai pendukung atau pelengkap data dan pembanding data yang telah ditemukan melalui observasi dan wawancara. Lokasi penelitiannya di SMK Negeri 2 Pinrang, Kecamatan Watansawitto, Kabupaten Pinrang. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer yang berupa kata-kata dan tindakan dan data sekunder yang berupa sejumlah dokumen portofolio tentang implementasi KTSP di sekolah dan juga foto. Sumber data pada penelitian ini adalah kepada sekolah, pegawai administrasi dan guru sebagai unsur manusianya dan dokumen-dokumen sebagai unsur non manusianya. Teknik penjaringan data yang dilakukan adalah dengan teknik purposive sampling dengan memilih 30 orang guru sebagai informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik yang meliputi observasi partisipatif yang bersifat pasif, wawancara (tak berstruktur, semistruktur dan terstruktur) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi tiga langkah yaitu pertama reduksi data, kedua penyajian data dan yang ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian keabsahan data yang meliputi uji kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan dan uji kepastian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang yang mengacu pada 2 aspek SNP yaitu Standar Proses dan Standar Penilaian, dapat dikatakan telah berjalan cukup baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:48
Last Modified: 07 Jul 2022 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23733

Actions (login required)

View Item View Item