PEMANFAATAN SOFTWARE PEMBELAJARAN JELAJAH ANTARIKSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

PRIMAWAN (2022) PEMANFAATAN SOFTWARE PEMBELAJARAN JELAJAH ANTARIKSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
sampul.docx

Download (29kB)
[img] Text
Skripsi (primawan).docx

Download (193kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (29kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (100kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (44kB)

Abstract

Primawan. 2013. Pemanfaatan Software pembelajaran Jelajah Antariksa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang”. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan alur PTK yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang yang berjumlah 40 orang dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal yang telah ditetapkan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah guru masih kurang memberikan motivasi kepada siswa dan siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran ditandai dengan masih banyak siswa yang mengerjakan soal LKS dengan tidak mandiri . Kemudian dilanjutkan pada siklus II telah berhasil karena sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal. Dengan demikian melalui pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa pada mata pelajaran fisika maka hasil belajar siswa di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:27
Last Modified: 07 Jul 2022 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23730

Actions (login required)

View Item View Item