MUH.TASLIM (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH BRAILLE HURUF ث : TSA,ذ : DZAL,ز : ZA, س : SIN, ش : SYIN, ص : SHOD, DAN ظ :ZHO MELALUI MEDIA KARTU HURUF BRAILLE PADA MURIDTUNANETRA BLIND KELAS VI DI SLB A-YAPTI MAKASSAR.
Text
JURNAL MUH. TASLIM 1645041013.pdf Download (805kB) |
|
Text
SKRIPSI MUH.TASLIM 2022 (Autosaved).pdf Download (3MB) |
Abstract
Muh. Taslim, 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Braille Huruf Tsa, Dzal, Za, Sin, Syin, Shod, dan Zho Melalui Media Kartu Huruf Braille Pada Murid Tunanetra Blind Kelas VI di SLB A-YAPTI Makassar, dibimbing oleh Dr. H. Syamsuddin, M.Si dan Dra.Tatiana Meidina, M.Si; Skripsi. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho melalui media kartu huruf braille pada murid tunanetra blind. Rumusan masalah;1.Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho melalui penggunaan media kartu huruf braille pada murid tunanetra blind sebelum perlakuan? 2.Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho pada murid tunanetra blind pada saat perlakuan? 3.Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho pada murid tunanetra blind setelah perlakuan? 4. Adakah peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho melalui media kartu huruf braille pada murid tunanetra blind melalui penggunaan media kartu huruf braille pada perbandingan yang timbul pada saat sebelum perlakuan dan setelah perlakuan?. Tujuan Penelitian;1. Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braile huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho melalui penggunaan media kartu huruf braille pada murid tunanetra blind sebelum perlakuan 2. Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho pada murid tunanetra blind pada saat perlakuan 3. Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho pada murid tunanetra blind setelah perlakuan 4.Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho melalui media kartu huruf braille pada murid tunanetra blind pada perbandingan yang timbul pada saat sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tes. Hasil penelitian; 1. Kemampuan membaca huruf hijaiyah braile huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho pada murid sebelum perlakuan berada pada kategori sangat rendah. 2. Penerapan media kartu huruf braille pada murid dalam peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho. 3.Kemampuan membaca huruf hijaiyah braille huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho pada murid setelah perlakuan berada pada kategori sangat tinggi. 4. Terjadi peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah braile huruf tsa, dzal, za, sin, syin, shod, dan zho melalui penggunaan media kartu huruf braille pada murid setelah perlakuan, dari kategori sangat rendah menjadi kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Kartu Huruf Braille, Membaca Hijaiyah Braille, Murid Tunanetra
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 05:30 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 05:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23725 |
Actions (login required)
View Item |