PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI RANTAI MAKANAN MELALUI MEDIA PICTURE CARDS GAME PADA MURIDTUNARUNGU KELAS X SLB B YPPLB MAKASSAR

IRDA AMALIA ROSALAM (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI RANTAI MAKANAN MELALUI MEDIA PICTURE CARDS GAME PADA MURIDTUNARUNGU KELAS X SLB B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL irda amalia rosalam.pdf

Download (610kB)
[img] Text
Skripsi Irda Amalia Rosalam.pdf

Download (5MB)

Abstract

IRDA AMALIA ROSALAM , 2022. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Rantai Makanan melali Media Picture Cards Games pada Murid Tunarungu Kelas X SLB YPPLB Makassar. Skripsi dibimbing oleh H. Agus Marsidi dan Hj. Sitti Kasmawati, Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan mengidentifikasi rantai makanan murid Tunarungu pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SLB B YPPLB Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatkan kemampuan mengidentifikasi rantai makanan melalui implementasi media Picture Cards Game pada murid tunarungu kelas X SLB B YPPLB Makassar” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan mengidentifikasi rantai makanan murid tunarungu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan. 2) Penerapan media Picture Cards Game pada murid tunarungu pada saat diberi perlakuan.3) Kemampuan mengidentifikasi rantai makanan murid tunarungu setelah diberikan perlakuan.4) Peningkatan kemampuan mengidentifikasi rantai makanan melalui implementasi media Picture Cards Game pada murid tunarungu berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi perlakuan, saat dibei perlakuan, dan setelah diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah seorang murid Tunarungu yang berinisial RPS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini : 1) Kemampuan mengidentifikasi rantai makanan pada subjek penelitian (RPS) sebelum diberikan perlakuan nilainya dalam kategori masih sangat rendah. 2) Penggunaan Picture Cards Game untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi rantai makanan subjek penelitian (RPS) selama diberikan perlakuan nilainya dalam kategori tinggi. 3) Kemampuan mengidentifikasi rantai makanan subjek penelitian (RPS) setelah diberikan perlakuan nilainya dalam kategori sangat tinggi.4) Perbandingan kemampuan mengidentifikasi rantai makanan subjek penelitian (RPS) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan dari kategori sangat rendah, meningkat menjadi kategori tinggi dan meningkat menjadi kategori sangat tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid meningkat. Kata kunci: Kemampuan mengidentifikasi rantai makanan, Picture Card Game, Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:27
Last Modified: 06 Jul 2022 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23724

Actions (login required)

View Item View Item