PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAPPERKEMBAGAN KOGNITIF ANAK USIA 2-3 TAHUN DIKECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

LUSIANA PAGO PASALLI (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAPPERKEMBAGAN KOGNITIF ANAK USIA 2-3 TAHUN DIKECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
261-LOA LUSIANA PP.pdf

Download (211kB)
[img] Text
PJE Lusiana Pago Pasalli-dikonversi.pdf

Download (596kB)
[img] Text
SKRIPSI Lusi oke (3).pdf

Download (6MB)

Abstract

LUSIANA PAGO PASALLI, 2021, Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-3 Tahun di Kecamatan Makassar Kota Makassar, Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. Kartini Marzuki, M.Pd., dan Dr.Suardi, S.Pd., M.Pd. Pada program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pendidikan keluarga merupakan lembaga pendidik yang pertama dan utama bagi seorang anak, sebagai pendidikan yang pertama bagi anak keluarga harus memberikan pendidikan yang terbaik untuk membantu perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-3 Tahun di Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Yang menjadi populasi pada penelitian ini yaitu keluarga di kecamatan Makassar yang memiliki anak usia 2-3 tahun yang jumlahnya 551 keluarga, dari populasi tersebut di ambil sampel sebanyak 85 keluarga dengan menggunakan teknik probability sampling yang dimana sampel di ambil secara acak dengan memberikan peluang yang sama kepada populasi untuk menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif persentase dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian pendidikan keluarga di kecamatan Makassar berlangsung dengan baik hal ini berdasarkan rata-rata jawaban responden pada angket penelitian di peroleh data dengan persentase yaitu: 1) variabel pendidikan keluarga terdapat 15% pada kategori tinggi, pada kategori sedang persentase sebesar 68% dan pada kategori rendah persentase 17% dari data tersebut dapat dikatakan bahwa pendidikan keluarga berada pada kategori sedang, 2) variabel perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun terdapat 14% pada kategori tinggi , pada kategori sedang persentasenya sebesar 66% dan pada kategori rendah persentasenya sebesar 20% dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun berada pada kategori sedang/baik. 3) Pengaruh pendidikan keluarga terhadap perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun berpengaruh secara signifikan dengan persentase sebasar 80%. Kata kunci : pendidikan keluarga, perkembangan kognitif anak usia 2-3 tahun.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:49
Last Modified: 06 Jul 2022 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23720

Actions (login required)

View Item View Item