PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA DISMPIT AL-FITYAN SCHOOL GOWA

INKA INDRIA IDRIS (2022) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA DISMPIT AL-FITYAN SCHOOL GOWA.

[img] Text
Jurnal skripsi (1).pdf

Download (781kB)
[img] Text
Skripsi inka.pdf

Download (1MB)

Abstract

INKA INDRIA IDRIS, 1643042006, 2021. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Di SMPIT Al-Fityan School Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ismail Tolla, M.Pd. dan Drs. Andi Mappincara, M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus kepada Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di SMP-IT Al Fityan School Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran budaya sekolah yang ada di SMPITAl-Fityan School Gowa, (2) Bagaimana gambaran karakter siswa di SMPIT Al-Fityan School Gowa, (3) Seberapa besar pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa di SMPIT AlFityan School Gowa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan jumlah sampel 80 siswa ditetapkan dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa Kuesioner dengan responden siswa. Alat pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan analisis Deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran budaya sekolah yang ada di SMPIT Al-Fityan School Gowa berada pada kategori tinggi; (2) Gambaran karakter siswa yang ada di SMPIT Al-Fityan School Gowa berada pada kategori tinggi; (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara budaya sekolah terhadap karakter siswa di SMPIT Al-Fityan School Gowa. Hasil penelitian mengenai analisis regresi sederhana mengambarkan kedua variabel tersebut kedalam persamaan regresi Y = 13,646 + 0,919X, Untuk uji t diperoleh thitung sebesar 20,531 > ttabel 1,292 dan probilitas (sig) ternyata 0,000 < 0,05 yang berarti ho ditolak dan ha diterima dengan kata lain budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap karakter siswa dan untuk koefisien determinasi diketahui dari nilai R Square sebesar ,844 hal ini berarti pengaruh variable X secara simultan terhadap variable Y sebesar 84,4% sedangkan sisanya 15,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kata Kunci : Budaya Sekolah dan Karakter Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:27
Last Modified: 06 Jul 2022 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23715

Actions (login required)

View Item View Item