PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI DI PONDOK PESANTREN RAUDATUR RASYIDIN CAMBALAGI KABUPATEN MAROS

MUSLIM (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS XI DI PONDOK PESANTREN RAUDATUR RASYIDIN CAMBALAGI KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK terahir.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI allink.docx

Download (22kB)
[img] Text
M O T T O OK.docx

Download (16kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I1 pak bachtiar.docx

Download (13kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (142kB)

Abstract

Muslim 2013.Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas XI Pondok Pesantren Raudatur Rasyidin Kabupaten Maros. Skripsi dibimbing oleh Drs. MT.Parumbuan,M.Si dan Dr.Nurhikmah H.S.Pd,M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas XI Pondok Pesantren Raudatur Rasyidin Cambalagi. Fokus penelitian ini yaitu 1) bagaimana gambaran pemanfaatan_media__pembelajaran_berbasis__ICT_dalam_.pembelajaran/_TIK_? 2) bagaimana kemampuan siswa mengunakan media pembelajaran berbasis ICT ? 3) Kendala apa yang dihadapi guru dan siswa kelas XI Pondok Pesantren Raudatur Rasyidin Cambalagi dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dan bagaimana cara mengatasinya? Tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui gambaran pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran TIK, 2) untuk mengetahui kemampuan siswa mengunakan media pembelajaran berbasis ICT, 3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dan siswa kelas XI Pondok Pesantren Raudatur Rasyidin Cambalagi dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dan bagaimana cara mengatasinya. Pada penelitian ini digunakan satu kelas yaitu kelas XI IPA1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan dilaksanakan di laboraterium melalui kegiatan praktik, 2) kemampuan siswa kelas XI Pondok Pesantren Raudatur Rasyidin Cambalagi Kabupaten Maros tergolong dalam kategori tinggi, 3) kendala yang dihadapi yaitu, (1) tebatasnya jam pertemuan yang disediakan yaitu 3x40 menit dalam tiap minggu, (2) terbatasnya jaringan koneksi jaringan internet, upaya yang dilakukan yaitu, (1) menyusun dan meninjau kembali jadwal pembelajaran, (2) memperbaiki mutu koneksi jaringan internet yang ada.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:47
Last Modified: 05 Jul 2022 03:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23704

Actions (login required)

View Item View Item