PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA TUT WURI HANDAYANI MAKASSAR

NATANIEL TANGNGI (2022) PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA TUT WURI HANDAYANI MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (67kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx

Download (1MB)

Abstract

NATANIEL TANGNGI, 2013, Pemanfaatan Laboratorium IPA pada mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M.T Parumbuan M.Si dan Dr. Nurhikmah H. S. Pd. M.Si; Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah pemanfaatan laboratorium IPA pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Laboratorium merupakan sarana penunjang dalam proses pembelajaran siswa di sekolah bahkan sebagai salah satu sumber belajar, Pemanfaatan laboratorium harus dimanfaatkan secara optimal sebagai penunjang kualitas lulusan dengan memadukan konsep dengan empirik (realita), aspek teoritis dengan praktis, dan aspek pengetahuan dengan keterampilan. Adapun Fokus masalah adalah (1) bagaimana pemanfaatan laboratorium IPA pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Tut Wuri Handayani Makassar. (2) apakah ada kendala-kendala dalam pemanfaatan laboratorim IPA. (3) upaya apa yang di lakukan untuk mengatasi kendala dalam pemanfaatan laboratorium. Tujuan penelitian yaitu untuk mendenskripsikan pemanfaatan laboratorium dengan seluruh fasiltasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, di mana data yang diperoleh dari beberapa pihak sekolah, diantaranya guru dan siswa kelas Xa yang berjumlah 30 di SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melalui proses pengelolahan data dengan menggunakan deskriptif-kualitatif, diketahui hasil penelitian yaitu, pemanfaatan laboratorium IPA pada sekolah Tut Wuri Handayani Makassar telah di manfaatakan dengan baik dalam menunjang proses belajar siswa, pengelolaan dan fasilitas yang ada di laboratorium telah memadai. Pembelajaran biologi yang dilakukan di laboratorium IPA dapat berjalan dengan efektif, dilihat dari kegiatan pembelajaran biologi yang menyenangkan siswa serta dapat memotivasi siswa selama proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) pemanfaatan laboratorium IPA pada sekolah Tut Wuri Handayani Makassar dilihat dari kondisi maupun kegiatan belajar siswa di laboratorium, sudah dimanfaatkan dengan baik dalam menunjang kegiatan belajar siswa kelas X, (2) kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium IPA yaitu sebagian siswa belum terampil dalam menggunakan fasiltas yang tersedia, (3) guru selalu memberikan pendekatan dan bimbingan terhadap siswa yang menghadapi kendala belajar di laboratorium

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:34
Last Modified: 05 Jul 2022 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23703

Actions (login required)

View Item View Item