PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF PADA EFIKASI DIRI AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNM

Rosdiaman, Rosdiaman (2016) PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF PADA EFIKASI DIRI AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNM. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rosdiaman.docx

Download (13kB)

PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF PADA EFIKASI DIRI AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNM Rosdiaman (rosdiamanpannusu@gmail.com) Syamsul Bachri Thalib Ahmad Razak Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani, Makassar, 90222 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan berpikir positif pada efikasi diri akademik mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi UNM..Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian pre test post test one group design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri akademik. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi UNM sebanyak 15 orang yang dimasukkan menjadi kelompok eksperimen. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berpikir positif berpengaruh positif terhadap peningkatan efikasi diri akademik mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi UNM, dengan signifikansi p = 0,001 <0,05.Penelitian ini dapat diaplikasikan untuk meningkatkan efikasi diri akademik dengan pelatihan berpikir positif dan dapat dijadikan bahan rujukan untuk penelitian lebih lanjut tentang pelatihan berpikir positif maupun efikasi diri akademik. Kata kunci: Pelatihan Berpikir Positif, Efikasi Diri Akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2017 06:25
Last Modified: 05 Apr 2017 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item