PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VIIIB SMP NEGERI 3 SINJAI

JUSMAN (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VIIIB SMP NEGERI 3 SINJAI.

[img] Text
Jadi@Halaman Sampul.docx

Download (21kB)
[img] Text
Jadi@Halaman Persetujuan Pembimbing.docx

Download (14kB)
[img] Text
Jadi@Halaman Pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (14kB)
[img] Text
Jadi@Abstrak.docx

Download (23kB)
[img] Text
Jadi@Bab I - V@JUSMAN .docx

Download (182kB)
[img] Text
Jadi@Evaluasi SIKLUS I & II.docx

Download (239kB)
[img] Text
Jadi@Riwayat Hidup.docx

Download (144kB)

Abstract

Jusman, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VIIIb SMP Negeri 3 Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abdul Karim H. Ahmad, M.Pd dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si, Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIIIb SMP Negeri 3 Sinjai pada semester I tahun ajaran 2012/2013. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan Macromedia Flash dan (2) Apakah pemanfaatan Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas VIIIb SMP Negeri 3 Sinjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIIIb SMP Negeri 3 Sinjai. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi lembaga pendidikan yaitu dapat menambah khazanah kepustakaan yang membahas tentang pemanfaatan Macromedia Flash sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan kebijakan bagi dunia pendidikan pada umumnya khususnya yang berhubungan dengan media pembelajaran demi meningkatkan kualitas pembelajaran, di samping juga bermanfaat bagi akademisi, praktisi dan peneliti, lebih khusus bermanfaat bagi kepala sekolah, bagi guru dan calon guru serta bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah classroom ection reseach (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan pada setiap siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIb yang berjumlah 30 orang. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah pemanfaatan macromedia flash pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes siklus. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan 2 orang guru IPA kelas VIII. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIIIb SMP Negeri 3 Sinjai. Di mana pada siklus II hasil belajar siswa telah menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada siklus I yang menunjukkan belum terjadinya peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan agar macromedia flash terus dimanfaatkan sebagai sebagai software media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:18
Last Modified: 05 Jul 2022 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23699

Actions (login required)

View Item View Item