PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM OPERASI JARINGAN MELALUI PENGGUNAAN E-LEARNING PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMKN BPPKT RSBI SULAWESI SELATAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM OPERASI JARINGAN MELALUI PENGGUNAAN E-LEARNING PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMKN BPPKT RSBI SULAWESI SELATAN

S YA M S I N A R (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM OPERASI JARINGAN MELALUI PENGGUNAAN E-LEARNING PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMKN BPPKT RSBI SULAWESI SELATAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM OPERASI JARINGAN MELALUI PENGGUNAAN E-LEARNING PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMKN BPPKT RSBI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)

Abstract

Syamsinar. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Sistem Operasi Jaringan Melalui Penggunaan e-learning Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMKN BPPKT RSBI Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abd Karim H Ahmad, M.Pd dan Dra. Hj Nurindah Bakkidu, M.Pd Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penggunaan e-learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMKN BPPKT RSBI Sulawesi Selatan”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMKN BPPKT RSBI Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan alur PTK Kemmis dan Taggart (1988) yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI SMKN BPPKT RSBI Sulawesi Selatan yang berjumlah 23 orang dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal yang telah ditetapkan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah guru masih kurang memberikan bimbingan kepada siswa dan siswa masih banyak yang melakukan copypaste. Kemudian dilanjutkan pada siklus II telah berhasil karena sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal. Dengan demikian melalui penggunaan e-learning pada mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan maka hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMKN BPPKT RSBI Sulawesi-Selatan meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:09
Last Modified: 05 Jul 2022 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23696

Actions (login required)

View Item View Item