PEMANFAATAN LABORATORIUM MULTIMEDIA BERBASIS ICT PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XISMA NEGERI 15 MAKASSAR

RABIAH ISMAIL (2022) PEMANFAATAN LABORATORIUM MULTIMEDIA BERBASIS ICT PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XISMA NEGERI 15 MAKASSAR.

[img] Text
Syarat S.Pd.docx

Download (58kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (74kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP 05.docx

Download (1MB)

Abstract

Rabiah Ismail 2012. Pemanfaatan Laboratorium Multimedia Berbasis ICT Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Makassar. Skripsi Di bimbing oleh Drs. H. Abdul Karim. H. Ahmad, M.Pd dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya beberapa alat-alat multimedia yang belum dimanfaatkan di SMA Negeri 15 Makassar. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka fokus penelitian ini yaitu (1) gambaran pemanfaatan laboratorium multimedia berbasis ICT pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 15 Makassar, serta (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium multimedia berbasis ICT. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pemanfaatan laboratorium multimedia berbasis ICT pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 15 Makassar, serta (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium multimedia berbasis ICT. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, data yang diperoleh dari guru mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMA Negeri 15 Makassar serta siswa kelas XI sebanyak satu kelas. Teknik pengumpulan data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium multimedia yang berada di SMA Negeri 15 Makassar sudah memenuhi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) serta pemanfaatan laboratorium multimedia tidak hanya dimanfaatkan oleh siswa saja tetapi juga dimanfaatkan oleh guru-guru sebagai tempat untuk pelatihan. Sedangkan dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 15 Makassar berlangsung dengan baik, dengan adanya fasilitas yang memadai karena kesesuaian antara jumlah siswa dan jumlah komputer serta penguasaan guru terhadap materi pelajaran secara teori dan praktek. Walaupun terdapat sedikit hambatan dalam hal masih adanya beberapa alat-alat multimedia berbasis ICT yang belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas XI SMA Negeri 15 Makassar, yaitu seringnya terjadi mati lampu sehingga alat-alat multimedia yang ada seperti komputer dan LCD mudah rusak dan guru agak kesulitan dalam mengontrol siswanya, apakah siswa tersebut mengerjakan sesuai materi atau mengerjakan hal-hal lain diluar materi yang diajarkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:38
Last Modified: 05 Jul 2022 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23691

Actions (login required)

View Item View Item