PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION, COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT) DI KELAS VIII- A SMP NEGERI 15 MAKASSAR

MUH. JUFRI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION, COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT) DI KELAS VIII- A SMP NEGERI 15 MAKASSAR.

[img] Text
sampul HASIL.docx

Download (108kB)
[img] Text
print.proposal baru.docx

Download (112kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (2MB)

Abstract

Muh. Jufri. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis Information, Communication and Technology (ICT) Di Kelas VIII- A SMP Negeri 15 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj.Nurhinda Bakkidu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj.Sumartini, M.Pd. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pemanfaatan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) dalam pembelajaran IPA Biologi pada siswa kelas VIII- A SMP Negeri 15 Makassar dan, (2) apakah pemanfaatan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII- A SMP Negeri 15 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pemanfaatan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT) dalam pembelajaran IPA Biologi pada kelas VIII- A SMP Negeri 15 Makassar dan, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII- A SMP Negeri 15 Makassar melalui pemanfaatan media interaktif berbasis Information, Communication and Technology (ICT). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan alur PTK Hopkins (1993) yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII-A SMP Negeri 15 Makassar yang berjumlah 31 orang dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Pada Siklus I hasil observasi aktivitas guru di kelas VIII-A aspek-aspek yang diamati, masih ada aspek yang belum dilaksanakan dengan baik diantaranya aspek guru kurang memantau kegiatan kelompok siswa dalam mengerjakan tugas dan hasil aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran masih berada kategori sedang. Hasil belajar siswa pada siklus I hanya 21 siswa yang mencapai ketuntasan belajar sehingga dilanjutkan ke Siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan mulai dari observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa sudah terjadi peningkatan dibanding siklus I. Hasil belajar siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan frekuensi 31 siswa, yang tidak tuntas yaitu ada 3 orang. Dengan demikian dengan menerapkan Media Interaktif Berbasis Information, Communication and Technology (ICT) dalam pembelajaran IPA Biologi maka hasil belajar siswa kelas VIII-A meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:12
Last Modified: 05 Jul 2022 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item View Item