Pemanfaatan program macromedia flash dalam mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid kabupaten. Sidrap.

Ashar (2022) Pemanfaatan program macromedia flash dalam mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid kabupaten. Sidrap.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (23kB)
[img] Text
ashar sidrap skripsi.docx

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (11kB)
[img]
Preview
Image
IMG_4081.jpg

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_4082.jpg

Download (510kB) | Preview

Abstract

Ashar . 2012.”Pemanfaatan program macromedia flash dalam mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid kab. Sidrap”. Skripsi. Di bimbing oleh Drs.H.Abd.Karim H.Ahmad,M.Pd dan Drs.M.T.Parumbuan,M.Si.Jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji masalah pemamfaatan program macromedia flash dan peningkatan hasil belajar siswa.1. Bagaimana pelaksanaan peroses belajar mengajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan menggunakan program Macromedia Flash bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid Kab.SIDRAP, serta apakah kendala yang dihadapi dalam menggunakan program Macromedia Flash dan bagaimana upaya mengatasinya?Penelitian ini bertujuan.1 Untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktikum pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan menggunakan program Macromedia Flash bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid Kab.Sidenreng rappang, serta apakah kendala yang dihadapi dalam menggunakan program Macromedia Flash dan bagaimana upaya mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah murid di kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid kab. Sidrap 47 orang, laki-laki 21 orang dan perempuan 26 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan/ teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil analisis kualitatif menunjukkan 1.Pemanfaatan program macromedia flash pada pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid Kab.Sidrap meliputi tahap: (a) pra-operasional dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada saat awal semester, menyiapkan Laptop dan LCD Proyektor untuk menampilkan presentasi dengan menggunakan program macromedia flash, (b) pelaksanaan pembelajaran diawali dengan absensi, melakukan apersepsi, memberikan motivasi dan mengarahkan konsentrasi siswa ke materi pelajaran. Selanjutnya guru masuk ke inti pelajaran dengan menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan presentasi macromedia flash, dengan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dengan memberikan tes tertulis berupa soal-soal baik dari presentasi macromedia flash maupun dari buku pegangan siswa, sumber belajar berupa: buku pegangan siswa, Laptop dan LCD Proyektor, laboratorium komputer, perpustakaan dan LKS, dan diakhir pertemuan, guru membuat kesimpulan, dan (c) kegiatan evaluasi proses dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran baik teori maupun praktek, demikian juga dengan evaluasi hasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:07
Last Modified: 05 Jul 2022 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23683

Actions (login required)

View Item View Item