MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH KOTA MAKASSAR

IRMAYANI (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI IRMAYANI-1743041026.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif di SMP IT Wahdah Islamiyah Kota Makas~0.pdf

Download (555kB)

Abstract

Irmayani, 2021. Manajemen Pembelajaran di SMP IT Wahdah Islamiyah Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Wahira, M.Pd. dan Irmawati, S.Pd., M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di SMP IT Wahdah Islamiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di SMP IT Wahdah Islamiyah Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran SMP IT Wahdah Islamiyah Kota Makassar dilaksanakan sesuai dengan prosedur dengan pembuktian bahwa adanya pembuatan perangkat pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013 Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) di dalamnya memuat sembilan item. Pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan rancangan pembelajaran dengan pembuktian bahwa pelaksanaan pembelajaran mengacu pada perangkat pembelajaran seperti menggunakan pendekatan saintifik, strategi dan taktik dalam pembelajaran kelompok dan individu, menggunakan beberapa metode dan teknik pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan adalah video pembelajaran, powerpoint, LKS, dan LKPD. Evaluasi pembelajaran terlaksana yang diawali oleh perencanaan evaluasi meliputi tujuan penilaian sebagai tolak ukur mengetahui seberapa jauh siswa mengetahui, memahami serta mengaplikasikan materi pembelajaran dan kemudian dilanjutkan pada pelaksanaan evaluasi mengacu pada standar yang diberlakukan oleh pemerintah, menggunakan dua tes yakni tes tertulis dan tes lisan (praktik). Instrument penilaian mengacu pada kompetensi inti, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran. Pengelolaan data yakni mengkonversikan skor standar kedalam nilai yang berupa huruf/predikat dan angka. Kata Kunci: pembelajaran, manajemen, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:29
Last Modified: 04 Jul 2022 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23668

Actions (login required)

View Item View Item