ANALISIS PENCAPAIAN STANDAR PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERDASARKAN HASIL AKREDITASI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH TOMBO- TOMBOL

NURUL FATIMAH (2022) ANALISIS PENCAPAIAN STANDAR PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERDASARKAN HASIL AKREDITASI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH TOMBO- TOMBOL.

[img] Text
JURNAL_NURUL_FATIMAH_(1743042015)_LENGKAP-dikonversi (1).pdf

Download (432kB)
[img] Text
SKRIPSI Nurul Fatimah (1743042015) (Autosaved)-dikonversi-di.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nurul Fatimah, 2021. Analisis Pencapaian Standar Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berdasarkan Hasil Akreditasi Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tombo - Tombolo. Skripsi. Dibimbing oleh Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd dan Andi Wahed S.Pd., M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang standar pengelolaan dari Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan berdasarkan hasil akreditasi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah TomboTombolo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standar pengelolaan dari Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan berdasarkan hasil akreditasi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tombo- Tombolo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif denga jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian standar Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan berdasarkan hasil akreditasi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tombo – Tombolo tidak sesuai dengan ketentuan standar nasional pendidikan yang dapat di lihat dari kualifikasi akademik guru terdapat 6 orang tidak sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu. Selanjutnya sertifikat pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tombo–Tombolo terdapat 11 orang yang tidak tersertifikat. Selanjutnya kompetensi guru yang ada di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tombo– Tombolo terdapat 8 orang yang telah mengikuti ujian SKMT pembelajaran atau bimbingan dan tugas tertentu dan memperoleh nilai yang termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tombo–Tombolo terdapat guru pengganti sebagai guru bimbingan konseling. Serta Nilai kompetensi kepala sekolah yaitu SKMT pembelajaran atau bimbingan dan tugas tertentu terdapat nilai dalam melaksanakan proses pembelajaran yang memperoleh nilai baik, dan nilai dalam melaksanakan tugas tertentu yakni kepala sekolah itu sendiri memperoleh nilai sangat baik. Adapun penghambatnya yaitu di sekolah tersebut tidak pernah membuka pendaftaran secara terbuka, kualifikasi akademik tidak sesuai dengan latar belakang kompetensi yang dimiliki, serta tidak adanya lulusan bimbingan dan konseling yang di butuhkan di daerah tersebut. Kata Kunci : Standar Tendik, Hasil Akreditasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:22
Last Modified: 04 Jul 2022 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23666

Actions (login required)

View Item View Item