Manajemen Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Wonomulyo

Novia (2022) Manajemen Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Wonomulyo.

[img] Text
NOVIA SKRIPSI 1743042009 AP 01.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Jurnal_ manajemen mutu pembelajaran di SMAN 1 onomulyo-1.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang komponen utama manajemen mutu yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pencapaian manajemen mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian manajemen mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru perwakilan rumpun keilmuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Wonomulyo meliputi: (1) Perencanaan pembelajaran, dengan melakukan penyusunan program kerja yang dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran, mengikut sertakan guru dalam kegiatan MGMP serta melakukan pembinaan penyusunan perangkat pembelajaran yang dituangkan dalam RPP dan silabus.(2) Pelaksanaan pembelajaran, adanya kegiatan rapat yang dilakukan di awal semester membahas hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran dan di akhir semester membahas terkait segala hal dalam proses pembelajaran, pengadaan workshop, menyediakan fasilitas penunjang dan pemberian keleluasaan kepada guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang tidak terlepas dari pengawasan langsung yang dilakukan oleh kepala sekolah.(3) Evaluasi pembelajaran, menyediakan fasilitas sarana prasarana dan mengontrol pelaksanaan evaluasi pembelajaran melalui supervisi. (4) faktor pendukung meliputi adanya dukungan dari kepala sekolah, mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan serta memfasilitasi tenaga pendidik sarana prasarana. Faktor penghambatnya meliputi fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai, keterbatasan sumber daya manusia serta kehadiran peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci: Manajemen, Mutu, Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jul 2022 05:53
Last Modified: 04 Jul 2022 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23657

Actions (login required)

View Item View Item