Implementasi Supervisi Akademik Pengawas di SMA Negeri 14 Maros

Nasrah (2022) Implementasi Supervisi Akademik Pengawas di SMA Negeri 14 Maros.

[img] Text
Artikel_Nasrah_1743040001_Administrasi Pendidikan.pdf

Download (553kB)
[img] Text
SKRIPSI_NASRAH_1743040001_AP.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan supervisi akademik pengawas di SMA Negeri 14 Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik pengawas di SMA Negeri 14 Maros. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik terdapat 6 indikator yang dimana hanya 4 terlaksana yakni pembimbingan perencanaan pembelajaran, pembimbingan pelaksanaan pembelajaran, pembimbingan pengunaan media dan TIK, dan pembimbingan pengelolaan data hasil penilaian. Sedangkan yang tidak maksimal dilakukan ada 2 yaitu pembimbingan penyusunan butir soal dan pembimbingan penelitian tindakan kelas. Kesiapan guru atau kesadaran guru untuk di supervisi oleh pengawas, pada pembimbingan penyusunan butir soal sebenarnya guru sudah menyusun soal, penelitian tindakan kelas yaitu terdapat strategi / metode, materi pembelajaran, dan siswa menjadi faktor pendukung. Guru yang belum menyiapkan RPPnya dalam bentuk lembar hanya bentuk file di dalam laptop yang belum di print. Pengawas tidak melihat bahwa secara menyeluruh bahwa harus di bimbing juga dalam sesi apa penyusunan dan evaluasi butir soal, dan penelitian tindakan kelas mungkin menganggap guru sudah tau semua tentang PTK dan kurangnya pelatihan-pelatihan penelitian tindakan kelasnya dibuktikan dengan kurangnya hasil-hasil penelitian tindakan kelas guru di sekolah dokumen-dokumen penelitian tindakan kelas yang dia hanya membuat PTK kalau dia mau naik pangkat menjadi faktor penghambat. Guru yang tidak siap di supervisi maka diganti sama guru yang sudah siap di supervisi dan guru harus siap mental pada saat disupervisi upaya dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan supervisi akademik. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pelaksanaan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jul 2022 05:49
Last Modified: 04 Jul 2022 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23656

Actions (login required)

View Item View Item