Vicky De Yazha Riska (2022) Startegi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 6 Soppeng.
Text
SKRIPSI_Vicky De Yazha Riska_1743042005.pdf Download (4MB) |
|
Text
JURNAL_Vicky De Yazha Riska_1743042005.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 6 Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi kepala sekolah, faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 6 Soppeng . Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Soppeng. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru perwakilan rumpun keilmuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 6 Soppeng meliputi : (1) Perencanaan pembelajaran, strategi yang digunakan diantaranya melakukan pembinaan kinerja guru, melalui kegiatan MGMP, mengikutsertakan dalam diklat. (2) Pelaksanaan pembelajaran, strategi yang digunakan diantaranya pengawasan/supervisi pengelolaan kelas, memfasilitasi sarana media pembelajaran, memberi keleluasaan guru dalam penggunaan metode pembelajaran, pemberian motivasi, pemberian penghargaan. (3) Evaluasi pembelajaran, strategi yang digunakan diantaranya menyediakan fasilitas dan mengontrol pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Adapun faktor pendukung diantaranya, dengan tersedianya berbagai perangkat pembuatan RPP khususnya pedoman menyusun RPP, begitu pun dengan fasilitas perangkat evaluasi pembelajaran khususnya format penilaian, antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta fasilitas media pembelajaran yang disediakan di SMAN 6 Soppeng cukup memadai. Sedangkan faktor penghambat diantaranya sulit menyesuaikan antara apa yang ada dalam RPP dengan kondisi nyata, beberapa siswa tidak mengikuti BDR karena terkendala jaringan, dan kemampuan IT yang dimiliki beberapa guru belum memadai. Kata Kunci: Startegi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 05:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 05:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23654 |
Actions (login required)
View Item |