Ulfi Aulia Suratman (2022) Analisis Pengelolaan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SMP Negeri 2 Sungguminasa.
Text
Skripsi - Ulfi Aulia S (2017).pdf Download (2MB) |
|
Text
Artikel - Ulfi Aulia S (2017).pdf Download (429kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan SKTB di SMP Negeri 2 Sungguminasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan SKTB di SMP Negeri 2 Sungguminasa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam perencanaan SKTB, sasaran yang menjadi acuan sekolah ialah tujuan dari kebijakan pendidikan tersebut yang tertuang dalam perda Kabupaten Gowa no.10 tahun 2013. Beberapa strategi penunjang penerapan SKTB di sekolah yaitu, mengadakan pojok baca, membentuk kelompok belajar, pengoptimalisasian fungsi wali kelas dan membentuk tim-tim khusus penunjang SKTB. SMP Negeri 2 Sungguminasa telah menjalankan seluruh komponen dari SKTB sesuai dengan juknis; kecuali komponen deteksi dini yang pelaksanaanya masih kurang sesuai. Sarana prasarana yang lengkap dan kompetensi guru yang mempuni menjadi faktor pendukung pelaksanaan SKTB di sekolah tersebut. Perekapan nilai secara keseluruhan dan waktu pemberian remedial/klinik dini menjadi faktor penghambatnya. Evaluasi yang dilakukan sekolah melalui pemberian tugas dan tes kepada peserta didik, kegiatan supervisi akademik, dan untuk pelaksanaan komponen SKTB dievaluasi melalui rapat evaluasi/penaikan kelas. Kata Kunci: SKTB, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 05:38 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 05:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23653 |
Actions (login required)
View Item |