PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU DI SMP NEGERI 10 MAKASSAR

Husnul Fathiyah Syakir (2022) PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU DI SMP NEGERI 10 MAKASSAR.

[img] Text
1643041015 Husnul Fathiyah Syakir_Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1643041015 Husnul Fathiyah Syakir PENGEMBANGAN KEPROFESIAN G.pdf

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru di SMP Negeri 10 Makassar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengembangan keprofesian berkelanjutan guru di SMP Negeri 10 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan format deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Koordinator PKB sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dilakukan yaitu: 1) kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan keprofesiaan dilakukan dalam bentuk diskusi antar guru dan MGMP disekolah; 2) pendidikan dan pelatihan yang dilakukan melalui penyusunan RPP, penggunaan media pembelajaran dan pembelajaran jarak jauh; 3) karya Inovatif dalam bentuk menciptakan bahan ajar dan juga buku. Sedangkan Publikasi buku pengayaan, publikasi buku pedoman guru dan penghargaan atas prestasi atau dedikasi sebagai guru yang diberikan oleh pemerintah atau pemerintah daerah belum dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SMPN 10 Makassar. Kata kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:17
Last Modified: 04 Jul 2022 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23644

Actions (login required)

View Item View Item