PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU

RASDIANA (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU.

[img] Text
1743041023_SKRIPSI RASDIANA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1743041023_JURNAL ILMIAH RASDIANA.pdf

Download (876kB)

Abstract

Rasdiana, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Ansar, M.Si dan Andi Wahed, S.Pd, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran penerapan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (2) Bagaimana gambaran kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (3) Bagaimana pengaruh pelaksanaan kepemimpinan partisipatif Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 99 guru ditetapkan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen melalui validator ahli oleh dosen pembimbing dan dosen yang dipercayakan. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif menunjukkan hasil berikut: (1) Gaya kepemimpinan partisipatif kepala Sekolah SMA Negeri di Kabupaten luwu dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 75,8%, (2) Kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 72,7%, dan hasil penelitian menggunakan analisis inferensial menunjukkan, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (R) 0,570 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,325. Ini berarti 32,5% variansi yang terjadi pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan partisipatif, sedangkan 67,5% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:55
Last Modified: 04 Jul 2022 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23636

Actions (login required)

View Item View Item